Prosesor Ryzen Resmi dirilis AMD, Performa Diluar Dugaan

AMD rilis prosesor Ryzen

AMD secara resmi mengumumkan prosesor terbarunya, ya betul Ryzen. Seri ini bisa dibilang sebagai come back-nya bagi AMD yang sudah lama tidak merilis prosesor dekstop  arsitektur terbaru.

President and CEO of AMD Lisa Su, dalam acara yang diselenggarakan AMD Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017) mengatakan bahwa Ryzen diproduksi berdasarkan arsitektur Zen. Yang merupakan teknologi baru garapan AMD dan pertama kali digunakan dalam prosesor Ryzen.
“Kami mengumpulkan banyak hal dan teknisi untuk bisa menciptakan prosesor dengan kinerja tingkat tinggi (high performance). Hingga akhirnya, saat ini dengan bangga kami perkenalkan Ryzen,” ujar Lisa.
AMD rilis prosesor Ryzen
Lisa Su selaku CEO and President of AMD, saat bicara dalam Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017)source img: jagatreview.com
Lisa mengatakan bahwa upaya perusahaan mengembangkan Ryzen mendapatkan hasil yang tidak diduga-duga. Sebelumnya peningkatan kinerja prosesor yang menggunakan arsitektur Zen bakal meningkat hingga 40 persen. Tapi ternyata, performa Ryzen malah lebih tinggi.
“Sebelumnya kami target kenaikan kinerja atau instruction per clock (IPC) 40 persen dan banyak yang bilang kami tidak akan bisa melakukannya. Kenyataannya Ryzen justru melebihi target itu. Performa atau IPC Ryzen menunjukkan peningkatan hingga 52 persen,” tuturnya.
Ryzen sendiri adalah prosesor yang terdiri dari beberapa tipe. Untuk saat ini, menurut Lisa, AMD merilis seri Ryzen 7 yang terdiri dari tiga tipe, yakni 1800X, 1700X, dan 1700.

Dari ketiganya, tipe tertinggi adalah Ryzen 7 1800x yang memiliki 8 core, 16 thread dengan kecepatan dasar 3,6 GHz. Lisa bahkan menjanjikan bahwa tipe tersebut jauh lebih unggul ketimbang prosesor Intel Core i7 6900K.
“Ini (seri 1800x) memang lebih cepat 5-9 persen dibanding Intel 6900K. Saya bisa bilang (Ryzen) ini adalah tercepat di pasar saat ini,” kata Lisa.
Rencananya, ketiga tipe prosesor AMD Ryzen 7 itu akan di jual pada Maret mendatang. Sedangkan mulai Rabu (22/2/2017) sudah bisa melakukan pemesanan. Sekitar 180 peritel dunia dan boutique OEM sudah melakukan kerja sama dengan AMD.

source: tekno.kompas.com

Prosesor Ryzen
close
==[ Click Once ] [ Close ]==