Asian Para Games: Indonesia Rebut Tiket Semifinal Bulu Tangkis siapakah dia

Presiden Jokowi tinjau Pelatnas untuk Asian Para Games 2018. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Langkah awal kontingen Indonesia dalam cabang olahraga (cabor) para bulu tangkis nomor beregu putra Asian Para Games 2018, berjalan mulus. Menghadapi wakil-wakil dari Hong Kong di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018), Indonesia menang dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan ini, Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal dan bakal menghadapi Thailand yang sebelumnya mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1.

Adapun, pada pertandingan pertama di nomor beregu kali ini, atlet para bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Fredy Setiawan, berhasil mengalahkan Lee Yan Ping Patrick lewat permainan dua gim langsung dengan skor 21-5, 21-8.

Kemenangan dengan margin cukup jauh yang didapatkan dalam waktu 21 menit ini diakui Fredy karena ia merasa lebih siap. Akan tetapi, Fredy tak mau kelewat jemawa. Selain masih pertandingan pertama, ada beberapa hal yang ia rasakan masih harus diadaptasi lagi.

"Permainan tadi sudah cukup baik dan sudah bisa menguasai lapangan. Kesulitannya tadi hanya angin, agak terlalu kencang. Kalau menang jauh, karena mungkin saya lebih siap saja," kata Fredy usai laga.

Keberhasilan Fredy kemudian diikuti oleh pasangan ganda putra, Hafizh Briliansyah Prawiranegara/Hary Susanto. Mereka sukses mengandaskan perlawanan dari pasangan Hong Kong, Chu Siu Keung/Lam Tak Kwan.

Asian Para Games: Indonesia Rebut Tiket Semifinal Bulu Tangkis


Sama seperti Fredy, Hafizh/Hary tanpa kesulitan mengakhiri pertandingan dalam dua gim langsung selama 19 menit, dengan skor 21-8 dan 21-8.

Bentuk permainan Hary dan Hafizh yang terlihat sangat kompak dan selaras membikin pasangan Hong Kong kerap kesulitan. Selain permainan depan net, pukulan-pukulan smes, dan drop shoot dari Hary dan Hafizh begitu tajam dan sulit dikembalikan.

Selain faktor tersebut, Hafizh menjelaskan dukungan suporter Indonesia yang hadir di Istora serta ketelitian dan tidak meremehkan lawan, menjadi alasan lain di balik kemenangan mereka di babak perempat final ini. Harapan Hafizh, di babak semifinal nanti penampilannya dan Hary bisa semakin padu.

"Kita sudah mulai bisa adaptasi dengan angin di lapangan, lebih aman dalam bermain, kita lebih teliti lagi, harus tahu ke mana mengaragkan (shuttlecock)," kata Hafizh. 

"Kalau ada dukungan (penonton di Istora) kita malah semakin termotivasi dan semangat. Untuk di semifinal nanti kita akan melawan Thailand atau Korea, mudah-mudahan bisa lanjut ke final. Optimistis bisa memberikan emas," timpal Hary. 

Laga semifinal bakal berlangsung pada Minggu (7/10) mulai pukul 09:00 WIB dan akan langsung dilanjutkan laga final di hari yang sama pada pukul 11:00 WIB.

close
==[ Click Once ] [ Close ]==